Senin, 15 Februari 2010

KIBLAT I (Kajian Islam Bulanan At Tammimah)




Ahad, 14 Februari 2010


Penceramah : Ust. Dani Kholis (Khoiru Ummah)


Materi : Memakmurkan Masjid


Inti Ceramah :

Memakmurkan masjid merupakan kewajiban bagi setiap mu'min yang beriman kepada Allah dan hari akhir. Pertanyaannya bagaimana bila kita tidak turut memakmurkan Masjid ? Silahkan anda menjawabnya sendiri.

Di zaman Rasulullah, orang Munafiq mendirikan Masjid yang megah dengan alasan sederhana karena ingin Sholat berjamaah tetapi jarak ke Masjid cukup jauh. Untuk itu Allah memerintahkan Rasulnya untuk membakar Masjid tersebut, maka dibakarlah Masjid tersebut oleh orang Mu'min.

Salah satu tanda kiamat adalah banyak dibangunnya Masjid bahkan sangat megah, tetapi tidak ada semangat untuk memakmurkannya. Umat terlihat hanya berlomba-lomba untuk membangunnya tetapi tidak ada keinginan untuk memakmurkannya, bisa terlihat dari jama'ah Sholat Isya dan Subuh.

Kita berlindung kepada Allah dari sifat-sifat munafik, karena ternyata orang-orang munafik di zaman Rasulullah masih gemar mendirikan Masjid, bagaimana dengan kita yang tentunya tidak ingin disebut munafik?

Masjid bukan untuk satu golongan umat saja, tetapi untuk seluruh umat muslim. Kita harus saling menghormati perbedaan (termasuk khilafiyah yang ada) tetapi kita tetap mengedepankan persamaan dan persatuan umat.

Mudah-mudahan kajian singkat ini dapat memacu semangat kita bersama untuk lebih memakmurkan Masjid, amin ya robbal alamin.












Tidak ada komentar:

Posting Komentar