Senin, 15 Maret 2010

KISAH (Kajian Islam Antar jamaaH) ke-4

Ahad, 14 Maret 2010
Nara Sumber : Ust. Mubarok

Ringkasan Materi :

Nabi SAW pernah mendapat kunjungan dari seorang tamu yang rambutnya sangat hitam dan pakaiannya sangat putih. Para sahabat tidak ada yang mengenal tamu tersebut dan dari wajahnya terlihat ia tidak menempuh perjalanan jauh. Tiba-tiba ia duduk berhadapan dengan nabi dan dengkulnya bersentuhan. Sambil bertanya dan minta penjelasan kepada Nabi SAW apa arti Islam, Iman dan Ihsan.

Nabi menjawab :

1. Islam adalah bersaksi bahwa tidak ada sesembahan selain Allah, Melaksanakan kewajiban sholat lima waktu, berpuasa, membayar zakat dan pergi haji ke Baitullah jika mampu.
2. Iman adalah meyakini adanya Allah, Para Malaikat, Kitab-kitab Allah, Para Nabi dan Rasul Allah, Hari Kiamat serta Qodho dan Qodar.
3. Ihsan adalah kamu beribadah menyembah Allah seolah-olah Dia melihatmu, tapi bila tidak, maka yakinlah bahwa Allah pasti melihat kamu.

Setelah menjawab ketiga hal ini maka tamu Nabi SAW membenarkan jawaban tersebut sehingga sahabat terheran-heran. Dan setelah tamu tersebut pergi maka Nabi memberi penjelasan bahwa tamu tersebut adalah Malaikat Jibril yang diutus Allah untuk mengajarkan ketiga hal tersebut kepada Nabi dan umatnya.

Pada zaman nabi SAW sebenarnya penduduk Makkah saat itu telah mengenal Allah, bahkan jika mereka ditanya siapa pencipta mereka, tentu mereka akan menyebut Allah, seperti termaktub dalam Al Qur’an Surat Az Zukhruf ayat 87 :

“ Dan sungguh jika kamu bertanya kepada mereka: "Siapakah yang menciptakan mereka, niscaya mereka menjawab: "Allah", maka bagaimanakah mereka dapat dipalingkan (dari menyembah Allah)? “


Karena jarak antara Nabi Isa dengan Muhammad SAW lebih dari 500 tahun maka terjadi pergeseran aqidah dari waktu ke waktu. Awalnya mereka tidak pernah menyembah berhala. Berhala itu dimulai dari cintanya orang-orang dahulu dengan orang sholeh yang telah meninggal, sehingga dibuatlah gambar dari orang sholeh tersebut. Makin lama turun temurun syaiton membisikkan kepada anak cucunya untuk membuat patung, memberikan sesajian dan akhirnya terjadilah penyembahan pada berhala karena pergeseran keimanan mereka dari waktu ke waktu.

Kalimat tertinggi adalah Laa Ilaha Illallah.

Pengakuan La Ilaaha Illallah Muhammadan Rasulullah bermakna bahwa tidak ada sesembahan / Tuhan selain Allah dan Muhammad adalah utusan Allah

Kalau kita mencintai sesuatu tentu akan membuat senang orang yang dicintai tersebut. Begitupun kepada Allah SWT maka kita harus menjalankan segala perintah Allah dan meninggalkan segala yang dilarang oleh Nya. Begitupun cinta kepada Rasulullah maka kita harus mengikuti sunnahnya yaitu :

1. Penampilan : Cara berpakaian Rasul biasanya memakai gamis berwarna hijau, menyisir rambut dan berjanggut
2. Siroh : Pola hidup keseharian nabi dari bangun tidur hingga tidur kembali
3. Sariroh : Sesuatu yang tersembunyi pada diri Nabi yaitu memikirkan kepada Umat (ukhuwah Islamiyah), Annisa (wanita) diharapkan dapat menutup auratnya serta Kewajiban melaksanakan Sholat Lima waktu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar