Senin, 15 Maret 2010

RENOVASI ATAP MASJID AT TAMMIMAH

Bagian Masjid yang akan di Renovasi


Kondisi Bagian Dalam Atap Masjid tanpa Fentilasi Udara

Kondisi Kusen yang Sudah Lapuk


KATA PENGANTAR


Assalamu’alaikum Wr.Wb”


Dengan menyebut nama allah SWT Robb semesta alam, pertama-tama marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah memberikan nikmat iman wal islam, sholawat serta salam selalu tercurahkan kepada pemimpin umat yaitu nabi besar Muhamad SAW, beserta keluarga dan sahabatnya yang telah mencurahkan pikiran, kasih sayang dan tenaga serta harta bendanya untuk perjuangan islam serta memikirkan umatnya agar selamat di dunia dan akhirat tanpa mengharapkan imbalan sekecil apapun. Semoga kita sebagai umatnya selalu konsisten dan dapat meneladani apa yang telah dirintisnya.

Kami atas nama pengurus dan sekaligus panitia pembangunan masjid At-Tammimah berencana melakukan renovasi masjid yang usianya sudah cukup lama, sehingga saat ini masjid tersebut sudah kurang nyaman untuk digunakan sebagai rumah peribadatan. Masjid At-Tammimah ini berlokasi di Taman Kenari Jagorawi Citeureup-Bogor.

Disamping sebagai prasarana ibadah, masjid inipun dipergunakan untuk berbagi kegiatan lainnya seperti : Taman Pendidikan Al-Qur’an ( TPA ), Majelis Ta’lim, juga sebagai sarana dakwah dan lain-lainnya.

Mengingat arti pentingnya dari masjid tersebut, maka dengan ini kami mohon bantuan Bapak/Ibu/Saudara/i untuk dapat membantu pendanaan guna kelancaran pembangunan masjid At-Tammimah. Atas bantuan Bapak/Ibu/Saudara/I kami ucapkan Jazakumulloh Khoiron Katsiron. Semoga Allah membalas semua amal baik Bapak/Ibu/Saudara/i……...amin


Wassalamu’alaikum Wr Wb.


Bogor, 21 Pebruari 2010


( Tatas WS )

Ketua Panitia



PANITIA PEMBANGUNAN MASJID

AT-TAMMIMAH

TAMAN KENARI JAGORAWI

Sekretariat : DKM At-Tammimah Taman Kenari Jagorawi Citeureup-Bogor


SUSUNAN PANITIA PEMBANGUNAN/RENOVASI

MASJID “AT-TAMMIMAH


Pelindung :

1. H. A. Ruchiyat ( Pembina Yayasan Kaffah )

2. H. Yuki Eko P ( Ketua DKM At-Tammimah )

3. Alfonsus Laka ( Ketua RW 012 )

Panitia Pelaksana :

Ketua Panitia : Tatas Wihara Sukma

Sekretaris : Andi Faisal

Bendahara : Heru Sancoyo

Seksi Pendanaan :

Koordinator : Fauzi Ridwansyah ( Ketua RT 02 )

Anggota :

1. Banyu ( Koordinator Keamanan RW )

2. Hekso ( Ketua RT 01 )

3. Eko.S Mulyadi( Ketua RT 03 )

4. Iskak Suparman(Ketua RT 04)

Seksi Humas :

1. Iing Abdurohim(RT 02)

2. Edi Pranowo ( RT 03 )

3. Purwanto ( RT 01)

4. Hery S (RT 04 )

Seksi pembangunan :

1. Chendy ( RT 01 )

2. Agus Suryana ( RT 03 )

3. Wowo ( RT 02 )

4. Hendra Wijaya ( RT 04 )


PROYEK PEMBANGUNAN / RENOVASI

MASJID AT-TAMMIMAH


3. DASAR PEMIKIRAN


Dengan berdirinya masjid ditengah-tengah masyarakat kita, maka masjid merupakan salah satu pilar kepemimpinan umat, lembaga pembinaan pribadi dan masyarakat, sehingga dengan masjid umat dapat mensinergikan dirinya terhadap nilai-nilai Islam dan memiliki kepribadian yang istiqamah.

Membaca isyarat Rasulullah SAW yang memprioritaskan masjid sebagai asas pembangunan masyarakat baru, menunjukkan masjid di mata ummat islam berkedudukan sebagai pusat pengarahan mental-spiritual dan fisik-material, sekaligus merupakan tempat ibadah dan belajar. Bahkan moral, akhlaq dan tradisi islam yang merupakan bagian dari intisari agama diajarkan di dalam masjid.

Maka pantaslah jika Rasululla SAW memotivasi umatnya melalui sabdanya :Barang siapa yang membangun masjid karena mengharap keridhaan Allah, maka ( kelak ) Allah akan membangunkan baginya sebuah rumah di surga”.(HR. Bukhari Muslim ). Karena itulah merupakan suatu keharusan adanya masjid yang memadai di tengah-tengah masyarakat.

Sebagai salah satu pusat pembinaan, masjid menjadi pusat kegiatan-kegiatan baik bersifat spiritual ataupun non spiritual. Masjid dapat difungsikan sebagai majelis ta’lim, daurah, seminar, bedah buku, diskusi/dialog serta kegiatan sosial dan bahkan pembinaan kader-kader muda islam.

Disamping itu, dengan berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi membuat fungsi masjid semakin bertambah, yakni menjadi media informasi keumatan dengan berbagai media informasi yang tersedia. Pemahaman terhadap ajaran agama islam yang benar dan keluasan cakrawala berfikir masyarakat muslim, pada gilirannya akan menumbuhkan sikap kewaspadaan dan kehati-hatian terhadap badai fitnah yang ditiupkan gerakan-gerakan destruktif yang akan merorong kemurnian ajaran islam.

Dalam kontek inilah sesungguhnya masjid menampakkan wajah dan fungsinya sebagai tempat pembinaan, pengkaderan dan pembelaan. Ia adalah madarasah Islam dimana anak-anak islam dibina dan dikader untuk pengibar panji-panji Laailaaha illallah dan membelanya dari setiap musuh Allah yang tidak senang melihat kemuliaan AsmaNya menghiasi semesta raya.


4. NAMA KEGIATAN

“PEMBANGUNAN RENOVASI MASJID AT-TAMMIMAH


5. TEMA KEGITAN

“ Jadikan pembangunan renovasi masjid At-Tammimah untuk meningkatkan kegiatan Ibadah, Da’wah dan Syiar Islam “


6. MAKSUD DAN TUJUAN


Adapun maksud dan tujuan dari pembanguan renovasi masjid At-Tammimah ini adalah :

1. Meningkatkan iman dan taqwa kepada Allah SWT

2. Menyediakan sarana ibadah yang layak demi ketenangan dan kelancaran dalam beribadah, pendidikan dan bermusyawarah.

3. Mengimplementasikan syiar-syiar islam di tengah-tengah masyarakat.

4. Meningkatkan dan mempererat Ukhuwah Islamiyah masyarakat di dalam sara ibadah.

5. Mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk berlomba-lomba dalam kebajikan dalam hal ini untuk pembangunan renovasi masjid.



7. WAKTU PELAKSANAAN

Kegiatan pembangunan/renovasi masjid At-Tammimah ini Insya Allah akan dimulai setelah dana terkumpul dan mencukupi setengah dari anggaran biaya yang di butuhkan, dan kami sangat menanti sumbangan infak/shodaqoh dari Bapak/Ibu/Saudara/i Pengusaha ataupun masyarakat agar pembangunan dapat berjalan dengan baik dan lancar. Waktu pelaksanaan perbaikan/renovasi selambat-lamabatnya akan dilaksanakan pada awal Bulan April 2010


8. ANGGARAN BIAYA

Rencana anggaran biaya yang dibutuhkan untuk keperluan renovasi masjid At Tammimah ini adalah sebesar Rp 45.123.600 ( Empat puluh lima juta seratus dua puluh tiga ribu enam ratus rupiah ). Detail total anggaran terlampir.


9. SUMBER DANA

Sumber dana untuk pembanguan renovasi masjid At-Tammimah antara lain berasal dari :

- Donatur tetap warga Taman kenari Jagorawi di blok IX dan X

- Masyarakat Taman Kenari Jagorawi serta masyarakat yang ada disekitarnya.

- Para Dermawan dimana saja yang menyalurkan sebagian rezekinya di jalan Allah SWT.

- Usaha lain yang halal dan tidak mengikat.


10. PENUTUP

Demikianlah Proposal ini kami sampaikan sebagai kerangka acuan kepada seluruh pihak yang telah membantu baik moril maupun materiil kami ucapkan terima kasih. Semoga amal baik Bapak/Ibu/Sdr/i mendapat balasan yang berlipat ganda dari Allah SWT. Harapan Kami semoga Masjid At-Tammimah menjadi sarana ibadah dan pendidikan yang memadai dan lebih baik.


Bogor, 21 Pebruari 2010

Panitia Pembangunan/Renovasi Masjid At-Tammimah



Ketua Panitia


Sekretaris

Tatas Wihara S


Andi Faisal



2 komentar:

  1. Trimakasih contoh propsalnya sebagai bahan referensi semoga Allah melipat gandakan Amal ibadah dan keberkahanya

    BalasHapus